Pelatihan dan Rapat Koordinasi PODES 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Parepare

Untuk mendapatkan data statistik silahkan menghubungi Pelayanan Statistik Terpadu BPS, Jl. Jend. Sudirman No.66 Parepare, Telp. 0421-22766 || Pada bulan Juli 2024, Parepare mengalami inflasi sebesar 2,22% (tahun ke tahun) dan -0,47% (bulan ke bulan), selengkapnya dapat dilihat di https://pareparekota.bps.go.id/pressrelease.html

Pelatihan dan Rapat Koordinasi PODES 2024

Pelatihan dan Rapat Koordinasi PODES 2024

6 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


BPS Kota Parepare telah melaksanakan Pelatihan Petugas Pendataan Potensi Desa (PODES) 2024 pada tanggal 25-27 April 2024.  Pelatihan ini dilakukan dengan 2 metode yaitu metode online dengan platform Zoom Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 April dan metode tatap muka langsung pada tanggal 27 April 2024 di Bukit Amaish Cafe & Resto, Parepare.

 

Pembukaan pelatihan dilaksanakan pada saat zoom meeting oleh Kepala BPS Kota Parepare, Suparno Pani, SE. Pelatihan ini diampu oleh instruktur daerah Harwina Winata Pabuang, SE. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 10 orang yang terdiri dari 4 PCL, 2 PML, 1 Admin Fasih, 1 supervisor, 1 instruktur daerah, dan 1 panitia..

 

PODES atau potensi desa/kelurahan adalah pendataan lengkap kewilayahan satu-satunya yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Data hasil pendataan Potensi Desa (PODES) mampu menggambarkan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah ditingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. PODES menyediakan data bagi penyusunan berbagai analisis seperti identifikasi dan penentuan desa tertinggal, variabel konteks dalam PMT, identifikasi desa rawan bencana, dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis. Selain itu, PODES juga menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa

 

Partisipasi aktif dari pemerintah kota, baik tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota, akan sangat diperlukan dalam proses pendataan PODES 2024. Oleh karena itu, BPS Kota Parepare mengadakan rapat koordinasi dengan camat dan lurah yang turut serta dihadiri oleh Kabag Ekonomi Pemerintah Kota Parepare. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 6 Mei 2024 bertempat di Patato Resto Tonrangeng, Parepare. Dalam rapat koordinasi tersebut, Kepala BPS Kota Parepare memohon dukungan dan partisipasi aktif dari para camat dan lurah untuk turut menyukseskan kegiatan pendataan PODES 2024 dengan cara memberikan data yang akurat dan lengkap kepada petugas PODES 2024. Partisipasi tersebut akan membuat data PODES 2024 lebih valid dan bermanfaat bagi pembangunan.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Parepare (Statistics Indonesia of Parepare City) Jl. Jend. Sudirman No. 66 Parepare (91122)

Telp. 0421 - 22766

email : bps7372@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik